5 Pemain Skuad Sepak Bola Malaysia Proyeksi Sea Games 2021, Wonderkid Luqman Hakim Salah Satunya

Harimau Malaya Muda tengah bersiap diri menjelang Sea Games 2021 ya ng akan digelar akhir tahun di Hanoi, Vietnam. Pasalnya, Asosiasi Sepakbola Malaysia (AFM) memastikan akan menurunkan skuad sepak bola Malaysia U-19 ketimbang timnas U-22.

Manajer timnas Malaysia U-19 pun mengklaim Luqman Hakim dan rekan – rekannya merupakan timnas U-19 terbaik se-Asia Tenggara. Berikut ini adalah ringkasan perjalanan karir Wonderkid Luqman Hakim beserta 4 bintang muda Malaysia lainnya.

1. Luqman Hakim Shamsudin

Bintang muda Malaysia asal Kota Bharu, Kelantan kini tengah menapaki puncak karir sepakbolanya. Selain menjadi penyerang andalan di timnas U-19 Malaysia, Luqman telah menandatangani kontrak lima tahun bersama klub senior Eropa, KV Kortrijk. Klub ini bermain kasta teratas Liga Belgia, Jupiler Pro League. Laga pada 23 Oktober 2020 saat menjamu Anderlecht menjadi debut perdananya di Eropa.

Luqman pun menjadi pesepakbola pertama dari Malaysia yang bermain di Liga Belgia. Luqman mampu berkontribusi positif meski hanya bermain 16 menit. Sekitar 10 hari sebelumnya, pemain berusia 19 tahun ini juga mampu membobol gawang KCFO Beerschot Willrijk. Sehingga membawa kemenangan 1-0 bagi KV Kortrijk di lanjutan Liga Belgia U-21 tahun 2020.

2. Muhammad Syaiful bin Alias

Bek tengah timnas U-19 ini merupakan salah satu pesepakbola mentereng di Malaysia. Syaiful Alias pernah menjadi kapten skuad sepak bola Malaysia di perhelatan piala AFF U-18 tahun 2017. Syaiful dan rekan – rekannya sudah bertugas dengan baik karena hanya kebobolan lima gol dalam tujuh pertandingan yang digelar.

Meski demikian, Syaiful dan tim harus mengakui keunggulan timnas Thailand di laga final Piala AFF U-18 tahun 2017, di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar. Adapun postur tubuh pemain muda bertalenta ini terbilang kekar.  Bek milik Kelantan FA U-21 ini juga mampu membaca permainan dengan baik sehingga akan menyulitkan bagi tim lawan manapun.

3. Dominic Tan Jun Jin

Pesepakbola Malaysia yang lahir pada  12 Maret 1997 ini telah bergabung dengan timnas U-19 sejak enam tahun lalu. Pada pertengahan tahun 2019, alumni Singapore Sports School ini resmi bergabung dengan klub Thailand, Trat FC. Sebelum bergabung dengan Trat FC, Dominic bermain di klub Johor Darul Takzim FC II sejak 2016.

Sampai akhirnya, bintang muda ini berhasil menembus tim utama di klub elite Liga Super Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT). Bersama JDT, Dominic pernah merasakan bermain di Liga Portugal pada tahun 2018. Saat itu, JDT meminjamkannya ke klub Vilaverdense. Pada akhir tahun 2019, Dominic berpamitan dari JDT, klub kaya raya negeri jiran, untuk bergabung dengan klub Police Tero.

Setelah 4 tahun bersama JDT,  Dominic dipermanenkan di Police Tero yang kembali naik kasta ke level teratas kompetisi Negeri Gajah Putih. Selama di Malaysia, bek kelahiran Singapura ini pernah membela timnas U-19, U-23, hingga timnas senior. Bahkan, Dominic diprediksi menjadi bek masa depan skuad sepak bola Malaysia.

4. Muhammad Jafri bin Muhammad Firdaus Chew

Striker utama timnas U-19 Malaysia ini lahir di Butterworth, Penang pada 11 Juni 1997. Jafri Chew lahir dari akademi sepak bola Blue dan mengawali karir sepakbolanya bersama Harimau Muda B pada tahun 2013. Andalan lini depan The Young Tiger ini semakin matang dalam permainan. Jafri Chew pernah memperkuat timnas U-19 pada turnamen Sea Games 2017 dan Asian Games 2018.

Selain membela U-19, Jafri juga memperkuat skuad sepak bola Malaysia U-22 dan U-23. Sejak 1 Desember 2019, Jafri Chew bergabung dengan klub Kedah FA. Insting yang bagus dan keahliannya dalam mencari peluang untuk mencetak gol di dalam kotak penalti patut diperhitungkan lawan.

5. Muhammad Firdaus Irman bin Modh Fadhil

Bintang muda Malaysia lainnya adalah Firdaus Irman yang menjadi kiper andalan timnas U-19. Usia muda bukan menjadi penghalang baginya untuk meniti karir sebagai pesepakbola.  Namun, tak dapat dipungkiri Firdaus pernah nyaris gagal membela sepak bola Malaysia pada Piala Asia U-19 tahun 2018. Sebabnya, tak direstui pihak sekolahnya yaitu Sekolah Sukan Tunku Mahkota Ismail (SSTMI). 

Namun, hal itu tidak membuatnya patah semangat untuk memperkuat timnas U-19 kebanggaannya. Kualitas bermainnya di atas rata – rata. Firdaus pun optimis akan mempunyai masa depan cerah bila terus mempertahankan permainannya yang sudah matang.

Itulah lima pemain muda bertalenta yang dimiliki skuad sepak bola Malaysia.  para pesepakbola ini patut diperhitungkan bagi lawan – lawannya di ajang Sea Games 2021 mendatang. Termasuk,  timnas Indonesia yang selalu memiliki rivalitas tinggi dengan timnas Malaysia. Meski demikian, sportivitas tetaplah harus dijunjung tinggi selama permainan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *