Format Baru Untuk Piala Dunia Antar Klub Yang Semakin Menantang

Piala Dunia Antar Klub

Setelah sebelumnya bernama kejuaraan dunia antar klub FIFA, kali ini dengan format barunya menjadi  piala dunia antar klub FIFA. Dengan format yang semakin menantang, diharapkan akan menambah keseruan di dalam kompetisi para juara antar klub di setiap benuanya. Kejuaraan yang resmi diselenggarakan oleh FIFA ini mulai dilaksanakan tahun 2000 silam, kebetulan yang menjadi juara saat itu adalah Liverpool, klub sepak bola asal Inggris.

Klub peserta Kejuaraan Antar klub Dunia

Tahun 1980 menjadi awal mulanya dilaksanakannya kejuaraan piala Eropa-Amerika Selatan. Hingga di tahun 2000 formatnya kemudian  diganti menjadi kejuaraan dunia antar klub di Brasil. Dan selanjutnya oleh FiFA mulai tahun 2006 resmi menjadi piala dunia antarklub dengan 7 peserta. 

Untuk menambah keseruan dan kualitas juaranya Gianni Infantino yang menjadi presiden FIFA pun mencoba menawarkan format baru. Sehingga setiap klub yang berkompetisi tersebut benar-benar layak untuk menjadi juara antar klub dunia. Sekaligus juga berkaitan dengan jumlah sponsor resmi yang akan dilibatkannya.

Maka, kejuaraan antar klub dunia di Qatar menjadi ajang perdana untuk kemungkinan penggunaan format baru tersebut. Di tahun 2021, oleh FIFA formatnya diubah menjadi 24 klub peserta di kejuaraan piala dunia antarklub FIFA tersebut, antara lain:

1. CONMEBOL

Untuk wakil Amerika Selatan di piala dunia antar klub 2021 masih belum dapat ditentukan. Sebab kompetisi Copa Libertadores baru saja menapaki babak semifinalnya. Sehingga persaingan masih berlangsung cukup a lot antara; Boca juniors, River Plate, Palmeiras dan Santos FC.

2. CONCACAF

Sementara untuk Amerika Utara dipastikan salah satu dari  2 klub besar Tigers dan Los Angeles FC. Yang  saat ini masih menunggu pertandingan final CONCACAF Champions League. Yang kemungkinan final tersebut akan dilaksanakan pada awal tahun 2021 ini.

3. UEFA

Untuk mewakili benua Eropa di piala dunia antar klub FIFA ini, Bayern Munchen asal Jerman dipastikan lolos setelah berhasil memenangkan kompetisi di Piala Champions Eropa. Dikarenakan masih menjadi kontroversi berkaitan dengan format barunya FIFA. Maka, untuk sementara belum ada tambahan klub dari UEFA untuk kejuaraan dunia antar klub tersebut.

4. CAF

Al Ahly asal Mesir berhasil mewakili benua Afrika untuk mengikuti turnamen antar klub dunia di Qatar 2021. Kemampuan dan kekompakkan yang dimiliki sang juara liga champions Afrika ini cukup layak untuk mengikuti pertandingan kelas dunia. Dan untuk peserta tambahan lainnya masih menunggu disahkannya format baru FIFA tersebut.

5. AFC

Ulsan Hyundai, klub asal Korea Selatan sudah berhasil memastikan diri menjadi wakil dari benua Asia di Piala Dunia antar Klub FIFA 2021. Setelah sebelumnya menyabet gelar juara di liga Champions Asia tahun 2020 silam. Selain itu kesebelasan Qatar, Al Duhail juga dipastikan tampil selaku tuan rumah penyelenggaraan turnamen tersebut. Sementara untuk klub sepakbola lainnya masih menunggu keputusan dari AFC, berkaitan dengan format baru FIFA.

6. OFC

Auckland City, asal Selandia Baru juga dipastikan akan mewakili Oceania di turnamen antar klub dunia  tersebut.  Setelah sebelumnya menjuarai  kompetisi di liga Selandia Baru dan kompetisi antar klub OFC. Semetara untuk perserta lainnya masih belum final, menunggu keputusan FIFAdan OFC.

Nah, demikian format untuk piala dunia antar klub yang semakin menantang bagi peserta finalisnya. Meski saat ini masih menjadi kontroversi, namun persiapan pelaksanaan format baru untuk piala dunia tersebut mulai digaungkan oleh FIFA.  Sehingga akan muncul juara sejati antar klub dunia, seperti yang diharapkan oleh Gianni Infantino selaku presiden FIFA. Semoga bermanfaat.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *