Daftar Pencetak Gol Terbanyak Liga Italia Dalam Semusim

Pencetak Gol Terbanyak Liga Italia

Serie-A merupakan salah satu liga terbaik di dunia, ada banyak penyerang top dari berbagai negara yang bermain di Liga Italia. Meski belum mencapai level seperti Liga Inggris, di abad 21 ini telah lahir nama-nama penyerang top dari Liga Italia. Bahkan sebagian dari mereka mampu menciptakan berbagai rekor dalam urusan membobol gawang lawan. Ada beberapa nama yang mampu mencatatkan rekor pencetak gol terbanyak liga Italia dalam satu musim, siapakah mereka?

1. Ciro Immobile

Penyerang Lazio, Ciro Immobile mampu tampil mengesankan di musim 2019-2020, pemain berusia 30 tahun itu menyabet penghargaan sepatu emas Eropa. Bersama Lazio, ia menjadi pencetak gol terbanyak liga Italia dalam hitungan satu musim dengan torehan 36 gol. 

Catatan gol tersebut membuat Immobile mengalahkan nama-nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski hingga Lionel Messi. Ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Italia karena mampu menghasilkan nama baru dalam rekor pencetak gol Eropa. 

Tentu saja menjadi kebanggan tersendiri di era dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Immobile mampu bersaing dengan nama-nama besar itu.

2. Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain berada di daftar berikutnya, mantan penyerang Real Madrid itu pernah meraih apa yang didapatkan oleh Ciro Immobile. Tepatnya di musim 2015-2016 lalu, El Pipita mampu membukukan 36 gol di Serie-A dari 36 penampilannya bersama Si Nyonya Tua.

Rekor tersebut terasa lebih sempurna bagi Higuain karena dirinya berhasil membawa Juventus meraih Scudetto secara lima kali beruntun. Penyerang Argentina itu ikut andil dalam kesuksesan tim dalam musim 2015-2016, tak heran bila dirinya menjadi andalan di lini serang Si Nyonya Tua.

3. Cristiano Ronaldo

Mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo menempati posisi ketiga dengan catatan 31 gol yang berhasil diciptakan dari 33 pertandingan. Penyerang asal Portugal itu ikut berperan dalam membantu La Vecchia Signora mempertahankan Scudetto untuk kesembilan kalinya secara beruntun. 

Meski sudah berusia 35 tahun, mantan bomber Real Madrid itu tetap mampu menunjukkan penampilan yang hebat di setiap pertandingan. Itu terbukti dari produktivitas gol yang ia torehkan cukup mengesankan di setiap musimnya. Ronaldo berpeluang membantu Juventus meraih Scudetto kesepuluh secara berurutan, sekaligus menciptakan rekor lainnya dalam menjebol gawang lawan.

4. Luca Toni

Penyerang legendaris Italia, Luca Toni mampu mencetak 31 gol dari 38 pertandingan yang ia mainkan di Serie-A musim 2005-2006. Pemain berusia 35 tahun itu merupakan yang tersubur di era itu sebelum rekornya dipecahkan oleh Ciro Immobile. Tak hanya menjadi mesin gol bagi Fiorentina, ia juga ikut serta dalam membantu Italia memenangkan Piala Dunia 2006.

Berkat prestasinya dalam mencetak gol itu, Luca Toni berhasil menyabet sepatu emas Eropa di musim 2005-2006. 

5. Mauro Icardi

Penyerang asal Argentina, Mauro Icardi masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak liga Italia dalam semusim, tepatnya pada musim 2017/2018. Mantan kapten Inter Milan itu berhasil mencatatkan 29 gol dari total 34 pertandingannya bersama I Nerazzurri. Ada nama lain yang juga membukukan 29 gol dalam musim 2017.2018, dia adalah penyerang Lazio, Ciro Immobile.

Keduanya memang sama-sama mengemas 29 gol, namun Icardi dinyatakan sebagai pencetak gol terbanyak berdasarkan voting dari AIC (Asosiasi Pemain Italia). Pemain berusia 27 tahun itu meraih suara terbanyak dari hasil voting dalam acara Gran Gala’ del Calcio, 3 Desember 2018.

Itulah daftar pencetak gol terbanyak liga Italia dalam hitungan semusim, catatan rekor itu bisa saja berubah lagi di musim 2020/2021. Mengingat nama-nama seperti Cristiano Ronaldo dan Ciro Immobile masih bersaing untuk menjadi top skor di liga Italia.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *