6 Kiper Timnas Indonesia yang Punya Prestasi Segudang

Kiper Timnas Indonesia

Menjadi penjaga gawang dalam permainan sepak bola bukanlah posisi yang mudah. Posisi ini adalah posisi krusial yang menentukan keselamatan tim. Oleh sebab itulah, PSSI selalu memilih pemain terbaik untuk menjadi kiper Timnas Indonesia.

Dalam sejarah perjalanan Timnas di kancah global, posisi ini selalu diisi oleh sosok bertalenta dari berbagai macam daerah di Indonesia. Berikut adalah daftar penjaga gawang yang pernah memperkuat Timnas.

1. Kurniawan Meiga

Memiliki tinggi badan 187 cm, Kurniawan Meiga adalah salah satu kiper Timnas Indonesia yang dikenal akan gerakannya yang gesit. Kiper berbakat ini dilahirkan di Jakarta pada 7 Mei 1990. Saat ini, Kurniawan Meiga menjadi penjaga gawang klub Arema Indonesia. 

Pemain asal Jakarta ini menjadi kiper utama Timnas Indonesia U-19 di usianya yang masih belia.  Pelatih Timnas U-19, Rahmad Darmawan, memilih langsung namanya untuk bermain ke Timnas karena gerakan refleknya yang yang baik. Pada kejuaraan Piala AFF 2016, Kurniawan Meiga mendapatkan gelar sebagai penjaga gawang terbaik.

2. Markus Haris Maulana

Markus Haris Maulana adalah penjaga gawang yang cukup populer dan fenomenal di Indonesia. Pemain kelahiran Langkat, Sumatera Utara ini telah ditunjuk sebagai kiper utama Timnas sejak tahun 2007. Markus adalah pemain Indonesia pertama yang masuk nominasi pemain terbaik Asia di pergelaran AFC Cup 2008. 

Saat ini, Markus telah pensiun menjadi pemain bola dan aktif sebagai pelatih. Mantan penjaga gawang berpostur 186 cm ini, kini menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16.

3. Ferry Rotinsulu

Lahir di Palu, Sulawesi Tengah, Ferry Rotinsulu adalah kiper Timnas Indonesia yang telah gantung sepatu pada 2016 lalu. Ferry memperkuat Timnas Indonesia dari tahun 2005 – 2011 dan pernah pula bermain untuk tim Sriwijaya Fc dan Persib Bandung. 

Saat ini, Ferry aktif menjadi asisten pelatih untuk tim Sriwijaya FC yang akan bertanding di Divisi II. Untuk menunjang karirnya sebagai pelatih, Ferry pun kini tengah menempuh lisensi khusus pelatih dari AFC.

4. Ronny Pasla

Di era 60-an, Indonesia pernah memiliki seorang penjaga gawang terbaik dan tak akan terlupakan sampai sekarang yaitu Ronny Pasla. Pemain berpostur tubuh, 183 cm ini memperkuat Timnas dari medio 1960 sampai tahun 1970-an. Karena gerakannya yang lentur dan gesit, Ronny dijuluki sebagai macan tutul

Bersama dengan Ronny, Timnas Indonesia telah menang dalam berbagai macam pertandingan. Diantaranya ialah juara Piala Agakhan 1967 di Bangladesh dan juga juara Pesta Sukan Singapura tahun 1972.

5. Yudo Hadianto

Yudo Hadianto adalah legenda hidup sepak bola Indonesia, yang pernah menjadi kiper Timnas. Saat berada di lapangan, kiper berbakat ini dikenal sebagai sosok yang tangkas dan juga tenang. Yudo pertama kali memulai karirnya masuk Timnas junior pada tahun 1961.

Sederet laga internasional pernah dijalankannya bersama dengan Timnas. Seperti pada ajang King’s Cup Thailand 1978, Aga Khan Cup 1978 dan juga Juara Merdeka Games 1974. Di Usianya yang telah menginjak usia senja, Yudo masih mendedikasikan diri dalam sepak bola dengan menjadi pelatih kiper untuk Timnas junior.

6. Eddy Harto

Sampai saat ini, belum ada yang mampu menyaingi prestasi Timnas angkatan Eddy Harto dalam prestasinya di ajang Sea Games 1991. Eddy adalah faktor penentu kemenangan Indonesia pada ajang Sea Games yang diadakan di Manila tersebut dalam dua laga adu penalti. Dari ajang tersebut Indonesia berhasil memperoleh medali emas.

Eddy Harto merupakan kiper yang lahir di Medan, Sumatera Utara pada 16 Juni 1962. Dibawah asuhannya sebagai pelatih, Timnas Indonesia U-23 telah berhasil menjadi runner-up Sea Games 2011. Selain itu, Eddy Harto juga menjadi mentor untuk dua kiper Timnas muda, Kurniawan Meiga dan Andritany Ardhiyasa.

Sekian pembahasan tentang kiper timnas Indonesia yang berprestasi. Meski berbeda generasi, kiper-kiper diatas telah menjadi legenda bagi pecinta sepak bola di Indonesia. Semoga dengan cerita sukses para pemain diatas, dapat menambah semangat anak muda untuk bermimpi menjadi kiper Timnas selanjutnya.

 

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *